Menjadi Manusia yang Bermanfaat

01.23
esungguhnya kita sebagai seorang hamba Allah SWT, berusaha untuk meraih kecintaah Allah SWT.
Dan untuk meraih kecintaan Allah Swt. diantaranya adalah dengan mengamalkan amalan-amalan yang paling dicintai oleh Allah Swt.
Rasulullah Shalallahualaihi wasalam bersabda "Orang yang paling dicintai oleh Allah adalah orang yang paling bermanfaat untuk sesama manusia, dan amalan yang paling dicintai oleh Allah adalah kegembiraan yang dimasukkan kedalam hati seorang muslim, Aku berjalan bersama saudaraku untuk memenuhi kebutuhan dia lebih aku sukai dari pada ikhtikaf di masjidku selama sebulan, siapa yang menahan marahnya maka Allah akan menutupi aibnya, dan siapa yang menahan kemurkaan dia (padahal dia mampu untuk melaksanakan kemurkaannya tersebut), maka Allah akan penuhi hatinya dengan pengharapan kelak pada hari kiamat, dan aku berjalan bersama saudaraku untuk kebutuhan dia sampai terpenuhi (siapa yang berjalan bersama saudaranya sampai terpenuhi), maka allah akan kokoh kakinya di hari banyak kaki tergelincir (ke neraka).
Ini merupakan sebuah hadits yang memberitahukan kepada
Semakin suatu amal bermanfaat untuk orang lain, maka itu semakin besar pahalanya disisi Allah swt. Imam syafi’i berkata, menulis ilmu sesaat lebih aku sukai daripada sholat semalam suntuk (karena ilmu bermanfaat untuk orang lain, sementara sholat tahajud manfaatnya untuk diri sendiri)
Imam ahmad berkata, mana yang lebih engkau sukai aku menulis ilmu sesaat atau kah aku sholat malam, maka imam ahmad berkata, kalau kamu menuntut ilmu, maka itu untuk dirimu dan untuk orang lain. Semakin bermanfaat kita untuk manusia, semakin kita dicintai oleh Allah Swt. 
Namun, jangan sampai ini menjadi alasan sehingga kita tidak mengerjakan sholat malam, akan lebih baik jika kita mengerjakan semua kebaikan-kebaikan tersebut.
“.... dan amalan yang paling dicintai oleh Allah adalah kegembiraan yang engkau masukkan kedalam hati seorang muslim...”
Mungkin kita pernah melihat saudara kita kesusahan sehingga ia dirundung oleh kesedihan, lalu kita hibur dia, lalu kita bantu dia sehingga hatinya merasa gembira. Maka ini sungguh amal yang dicintai oleh Allah. Betapa islam mendidik kita untuk supaya bagaimana memberikan kebahagiaan untuk orang lain.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »