Jangan Katakan Ah!!

01.25
Secantik apapun istrimu, selucu apapun anak-anakmu, setinggi apapun jabatanmu, sebanyak apapun income mu, tolong jangan pernah menomor duakan orang tuamu.
Apa artinya yang kita miliki, harta yang banyak, tanah yang luas, kemuliaan dimata manusia, tapi kalo rido orang tua kita nggak dapet, buat apa?

Buat apa hapal alquran, buat apa hapal sunnah, buat apa senang bersedekah, buat apa dipandang mulia oleh manusia, kalau sama orang tua kita nggak akur. Sama orang tua berantem, sama mertua nggak ngomong dua minggu, sama tetangga nggak kenal, nggak demen sama tamu, kita disuruh berbuat baik.

Ibadah yang paling dekat yaa ke orang tua.



...فَلَا تَقُلْ لَهُمَا أُفٍّ...
"...Jangan berkata uf..."
uf disitu diterjemahkan kayak orang ambil nafas, *subhan... | iya buk | tolong belikan telor dua kilo | ya Allah.. beli telor (nada mengeluh) - itu uf tuh.

Jangan berkata "ah", jangan berkata "ciih", apalagi sampai menghardik, mencaci, memaki. Kalau orang tua sudah memanggil.. sami'na wa atho'na (kami dengar dan kami taat).
Tidak ada kata tidak kalo orang tua sudah mengatakan sesuatu yang baik.
...قُلْ لَهُمَا قَوْلًا كَرِيمًا...
"Katakan kepada keduanya perkataan yang karim (sesuatu yang mulia)"

وَاخْفِضْ لَهُمَا جَنَاحَ الذُّلِّ مِنَ الرَّحْمَةِ وَقُلْ رَبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيرًا
"Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: "Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil"
(Al-Isra : 24)

Merendahlah kamu, merendahlah kamu dihadapan orang tuamu. Jadi jangan cuma gara-gara pendidikan kita yang tinggian dikit, title yang agak panjang di depan dan di belakang nama kita sehingga membuat kita menjadi orang yang sombong dihadapan kedua orang tua kita, jangan!.

Ridhonya Allah ada di ridho orang tua kita, murkanya pun sama.

Ini kelebihannya Uwais Al Qarni, yang orangnya belum hidup pada jaman sahabat, nabi pernah mengatakan : "nanti ketika kau menaklukkan syam wahai umar, mintalah doanya uwais al qarny | siapa uwais ya Rasulullah? | Belum ada orangnya "

Dia bukan penghafal hadits, dia bukan penghafal alquran,dia bukan ulama, dia tidak lebih shaleh dari pada hasan basri,dan Muhammad bin Idris Al-Syafi'i, dengan Imam Ahmdad bin hanbal,dengan Abu Hanifah.. Cuma kelebihan uwais itu meletakkan posisi ditempat yang benar, anak mencintai orang tua berbakti kepadanya,dia letakkan orang tuanya diatas kepalanya.

Orang yang paling mulia diantara kalian adalah orang yang paling bertakwa, yang orang yang paling bertakwa yang kedua setelah dia mentauhidkan Allah adalah yang kepada kedua orang tuanya berbuat ihsan.

Orang tua nggak bosan mulutnya itu yang kering jadi basah, duha nggak putus tahajud dirutinkan cuma untuk meminta derajat buat anak-anaknya. Sekarang kamu jadi baik karena doa mereka, kata rasulullah begitu, siapa yang menyangka kalian besar dari orang seperti mereka. Bahagiakan hati mereka, rasakan kenikmatan memandang dua pemandangan paling indah diatas dunia ; memandang ka'bah dan memandang wajah wajah orang tua.
Ini kalau antum kolaborasikan, kalau antum punya rezeki, antum bayar ke travel, antun tuntun tangan orangtua antum 
"ayo bu.. angkat tangannya bu (melambai ke ka'bah) "bismillah Allahu akbar.. Subhanallah, walhamdulillah wala ilaha ilallah allahu akbar "ibuk.., ini rukun yaman buk, pegang buk (sambil menempelkan tangan ibu kita ke rukun yamani), baca buk ...rabbana atina fiddunya hasanah wa fil akhirati hasanah wa qinna azabanar. Angkat tangan ayah (sambil baca) Allahu akbar bismika allahu akbar, buk.. pak.. angkat tangan mu yang tinggi.. ini shafa, menghadap kiblat, berdoa yang baik, berdoa yang panjang, berdoa yang lama.

Tidak mungkin lisannya basah kecuali mengatakan ya Allah.. habli minasshalihin, habli minasshalihin ya Allah..berikanlah kepada kami anak yang shaleh. Dan doanya menerawang ke tujuh lapis langit.. anaknya menjadi anak yang shaleh.
Anak yang tau bahwa orang tuanya makin hari makin lemah, bukan makin kuat, sehingga dia simpulkan teknik cinta yang di ajarkan oleh orang tuanya.
   
Cinta orang tua ke anak gitu kan.. Masha Allah, makin anak punya kekurangan makin timbul cintanya, makin anak punya masalah makin kepikiran sama dia, dan kalau anak yang berilmu harus paham bahwa ibumu ayahmu ini makin hari makin lemah bukan makin kuat.. maka manakah fungsimu untuk mereka?


وَوَصَّيْنَا الْإِنسَانَ بِوَالِدَيْهِ حَمَلَتْهُ أُمُّهُ وَهْنًا عَلَى وَهْنٍ وَفِصَالُهُ فِي عَامَيْنِ أَنِ اشْكُرْ لِي وَلِوَالِدَيْكَ إِلَيَّ الْمَصِيرُ 
"Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu"

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »